Alasan Remaja Perempuan Mengalami Rambut Rontok

 

Conistoninstitute.org – Memiliki rambut yang mudah rontok terkadang membuat kita menjadi tidak percaya diri, apalagi para remaja putri yang sering menata rambut dengan berbagai gaya supaya terlihat lebih menarik dan lucu menggemaskan.

Penyebab rambut rontok pada remaja lebih spesifik dari pada kerontokan pada usia lainnya. Berikut ini alasan mengapa remaja sering mengalami rambut rontok :

1. Kekurangan nutrisi

Nutrisi yang cukup akan membuat rambut lebih sehat dan kuat sehingga terhindar dari kerontokan. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan lemak akan mempengaruhi kekuatan rambut dan menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok. Disarankan bagi kalian untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran karena didalamnya banyak terkandung mineral dan vitamin yang dibituhkan oleh rambut sehingga rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

2. Perubahan hormon

Hormon yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut diantaranya adalah dihydrotestosterone (DHT). Ketika masa puber, seorang remaja kerap kali mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi pada kondisi tubuh. Ketika tubuh tidak mampu mencukupi hormon dihydrotestosterone (DHT) maka menjadikan ketidakseimbangan yang dapat memicu rambut lebih mudah rontok.

3. Menata rambut dengan berlebihan

Misalnya dengan mengikat rambut dengan sangat kuat, ini akan mempengaruhi kekuatan rambut. Selain itu, penataan lain seperti menggunakan cakokan penglurus maupun pengkriting rambut dapat menjadikan rambut akan kering dan mudah rapuh.

4. Penyakit

Terdapat kasus yang melibatkan penyakit medis yang serius dalam kerontokan rambut. Kerontokan ini terjadi ketika mengalami infeksi kulit kepala, gangguan tiroid dan kelainan kulit kepala. Beberapa kasus kerontokan rambut yang diikuti dengan gejala kulit kepala mengalami inflamasi dan tubuh mudah lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *