Beberapa Cara Ini Bisa Mengatasi Batuk Berdahak

Conistoninstitute.org – Batuk merupakan masalah kesehatan umum yang banyak dialami oleh orang, batuk ini merupakan respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar.

Batuk disini terdapat dua jenis antara lain batuk berdahak dan batuk kering. Diantara kedua jenis batuk ini yang paling mengganggu adalah batuk berdahak karena dapat menurunkan kinerja sehari-hari.

Namun, setiap masalah pasti ada solusinya seperti bagaimana cara mengatasi batuk berdahak ini.

1. Banyak minum air putih

Jika anda mengalamai masalah batuk berdahak maka perbanyaklah minum air putih guna membantu mengencerkan lendir di daerah saluran pernapasan. Tidak hanya itu, air putih juga mampu meredakan infeksi yang sedang terjadi dan mencegah tubuh kekurangan cairan.

2. Jangan konsumsi makanan ini

Menjaga pola makan ketika batuk sangat diperlukan karena beberapa makanan akan dapat menambah rangsangan pada saluran pernapasan. Makanan yang dapat menambah batuk adalah makanan dengan kadar gula tinggi seperti minuman yang mengandung pemanis dan makanan yang digoreng karena minyak dapat menambah rangsangan batuk Anda.

3. Obat batuk berdahak

Belilah obat batu berdahak yang mengandung beberapa bahan aktif seperti Ambroxol Hydrocloride, Bromhexine Hydrocloride, Dextrometorphan dan Gliserine Guaiacolsulfate. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu untuk memperlancar keluarnya dahak.

4. Hindari rokok

Salah satu penyebab batuk adalah merokok hal ini dikarenakan asap yang dikeluarkan oleh rokok dapat merangsang batuk lebih parah, sehingga lebih sulit ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *