Beberapa Cara Ini Dapat Mengatasi Susah BAB

Conistoninstitute.org – Buang air besar (BAB) merupakan proses alamiah yang umum dialami oleh semua orang, BAB hal baik karena bisa membuang sisa makanan dan racun yang terdapat didalam tubuh kita.

Namun, dalam kondisi tertentu biasanya orang kesulitan untuk buang air besar. Hal ini tenty sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Normalnya
seseorang dapat buang air besar dengan frekuensi 3 kali sehari atau 3 kali seminggu.

Lalu apa yang harus dilakukan jika susah buang air besar melanda?. Nah, berikut ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi masalah susah buang air besar.

1. Makan lebih banyak serat

Seorang pakar makanan bernama Erin Peisach menyatakan jika seseorang umumnya harus mengonsumsi 20-35 gram serat setiap harinya. Makanan mengandung serat biasanya banyak terdapat pada berbagai jenis kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

2. Olahraga

Olahraga memanglah tindakan yang sangat penting untuk kesehatan karena efeknya baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Dari sebuah studi dikemukakan orang yang rutin berolahraga ataupun memiliki sebuah aktivitas harian akan lancar BAB.

3. Minum air putih lebih banyak

Dikatakan oleh ahli kesehatan asal Amerika Serikat bernama Amy Burkhart wanita harus mengonsumsi sekitar 2 liter air setiap hari. Sementara itu, pria dianjurkan untuk minum air sebanyak 3 liter. Ia turut menyarankan agar setiap orang membawa botol minum air besar berisi air putih yang mesti habis setengahnya pada siang hari, dan sisanya saat makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *