Beberapa Pemanis Pengganti Gula Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Conistoninstitute.org – Diabetes adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan terlalu banyak kadar gula dalam darah (glukosa darah tinggi). Oleh karena itu banyak pendrtita diabetes yang tidak lagi mengkonsumsi gula ataupun olahan yang manis-manis.

Namun, tentu ada sebuah pilihan untuk para penderita diabetes untuk bisa mengkonsumsi makanan yang manis, karena sekarang ada beberapa pemanis rendah kalori yang tetap membuat makanan dan minuman bisa tetap enak di lidah, tanpa takut kadar gula darah meningkat.

Berikut beberapa pemanis yang rendah kalori dan bisa dijadukan sebagai pengganti gula pasir.

1. Xylitol

Diketahui jika dalam xylitol tidak terdapat kandungan fruktosa yang dapat meningkatkan kadar gula darah, meskipun termasuk gula alkohol, xylitol tidak mengandung alkohol, namun rantai kimianya mengandung tambahan rantai alkohol “–OH” yang membuatnya memiliki manis gula pasir.

Selain itu, kandungan kalorinya pun hanya 40% dari kalori gula pasir dan xylitol juga bermanfaat menurunkan risiko gigi berlubang dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

2. Erythritol

Erythritol sebenarnya hampir sama dengan Xylitol, namun untuk kandungan kalori dari Erythritol lebih rendah yaitu hanya 6% dari kalori gula pasir. Jadi menjadi pilihan tepat jika kita menggunakan Erythritol sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes. Erythritol pun tergolong aman dan sangat jarang menimbulkan efek samping.

3. Sakarin

Ada banyak pedebatan mengenai sakarin sebagai pengganti gula pasir, pasalnya sakarin banyak dipakai sebagai pemanis makanan kemasan atau siap saji, yang kita ketahui dapat menimbulkan resiko kanker. Namun, beberapa penelitu dari Food and Drug Association (FDA) memutuskan jika sakarin aman digunakan sebagai pemanis bagi penderita diabetes. Meski demikian, penggunaannya pada bayi, anak-anak, dan ibu hamil tetap harus dibatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *