Benarkah Jeruk Nipis Campur Kecap Ampuh Atasi Suara Serak ?

 

 

Conistoninstitute.org – Mungkin saja kalian kerap kali mengkonsumsi campuran jeruk nipis dan kecap untuk mengatasi suara serak dan berpikir kalau kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis akan mempercepat penyembuhan suara serak.

Menurut Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala dan Leher, Konsultan Laringofaringologi Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Zainal Adhim mengatakan hingga saat ini belum ada study yang mengungkapkan bahwa campuran jeruk nipis dan kecap manis dapat mengobati suara serak dan batuk.

“Secara kedokteran belum ada hasil penelitian itu. Tetapi kalau dilihat dari penyakit yang mendasari suara serak, secara ilmu kedokteran (campuran ini) tidak terlalu bermanfaat,” ungkap dr. Zainal di Jakarta Pusat.

Suara serak akan membuat aktivitas terganggu karena tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Karena perubahan suara yang abnormal ini dapat menjadi parau berat.

Menurut dr. Zainal ada beberapa faktor yang menyebabkan suara serak. Pada umumnya hal tersebut terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernapasan akibat virus yang menyebabkan pita suara mengalami peradangan. Oleh karena itu, suara serak juga sebaiknya diperiksakan ke dokter.

“Zaman sekarang, orang mudah stres yang memicu asam lambung yang naik. Asam lambung itu kadang-kadang menimbulkan reflaks, reflaks naik ke atas, kemudian mengiritasi pita suara dan bikin suara serak,” ungkap Zainal.

Banyak orang yang terkena serak dan ketika diperiksa tidak terdapat kelainan fisik maupun tumor. Dan ketika ditanyakan ternyata orang tersebut mengalami refluks karena stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *