Beralih Pada Alat Kesehatan Dalam Negeri

 

 

Conistoninstitute.org – Kementerian Kesehatan mengupakayakan beragam cara untuk membentuk kemandirian keluarga serta masyatakat supaya menjalankan hidup sehat untuk berhasilnya Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Kemandirian bagi hidup sehat yang dilakukan mulai dari keluarga akan berfungsi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Upaya tersebut juga harus didukung oleh pemerintah dalam menyediakan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di keluarga dan di fasilitas pelayanan kesehatan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Oscar Primadi, MPH.

Untuk kemandirian prasarana kesehatan maka alat kesehatan adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan berkoordinasi dengan berbagai pihak supaya dapat menciptakan masyarakat Indonesia yang mandiri pada bidang alat kesehatan.

Sekarang ini alat kesehatan yang ada di pasaran Indonesia masih dikuasai oleh produk luar negeri. Hal tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor dan beralih pada produk kemandirian alat kesehatan.

“Upaya Kementerian Kesehatan menyelenggarakan pameran alat kesehatan dalam negeri yang telah berlangsung 3 tahun sejak tahun 2015 telah menunjukkan hasil yang signifikan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *