Berjalan Kaki Dapat Meningkatkan Suasana Hati

 

Conistoninstitute.org – Sebuah penelitian menemukan ternyata berjalan kaki mempunyai kelebihan tersendiri timbang berlari. Penelitian ini mengatakan bahwa berjalan kaki lebih baik dan lebih menyehatkan dari pada berlari.

Olahraga berjalan kaki dengan intensitas rendah sangat efektif untuk menaikan suasana hati supaya lebih stabil. Seperti yang ditemukan oleh University of Conecticut mengatakan bahwa olahraga dengan intensitas rendah seperti jalan kaki merupakan cara paling efektif untuk mendongkrak mood.

Penelitian ini melibatkan 419 orang untuk diamati selama empat hari. Selama empat hari orang-orang dimintai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para peneliti. Pertanyaan-pertanyaan itu mengenai kebiasaan olahraga, suasana hati dan juga sakit nyeri yang ditimbulkan.

Berdasarkan pengamatan dari hasil jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan menemukan bagi orang yang terlalu banyak menghabiskan waktunya hanya untuk duduk-duduk memiliki tingkat kesehatan yang lebih rendah dari mereka yang aktif melakukan aktivitas.

Pengamatan ini juga menemukan latihan fisik yang ringan efektif untuk meningkatkan suasana hati, latihan fisik seperti berjalan kaki membuat denyut jantung lebih stabil sehingga aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh akan lebih terkontrol. Dibandingkan mereka yang aktif bergerak akan membuat tersengal-sengal dan denyut jantung akan lebih cepat.

Orang-orang yang sering melakukan jogging justru malah tidak menemui perubahan kesehatan. Jogging tidak memperbaiki suasana hati maupun merusak suasana hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *