Cara Efektif Mencegah Pikun

 

Conistoninstitute.org – Ketika sudah menginjak lanjut usia kebanyakan orang akan mengalami kurangnya dalam daya ingat dan kemampuan berpikir. Kebanyakan ketika mereka yang menginjak usia 60 tahun akan lebih sulit untuk mengingat sesuatu. Ini merupakan tanda-tanda mengalami menopause.

Berikut ini tips untuk mencegah kepikunan sejak dini :

1. Pola hidup sehat

Terapkan pola hidup sehat pada kehidupan kalian, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga ringan dengan teratur dan konsisten. Dengan berolahraga dapat mencegah berbagai penyakit bersarang pada tubuh kita. Ketika usia sudah lanjut sering kali terkena hipertensi.

“Hipertensi terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah ke otak. Dengan olahraga yang dilakukan mampu melancarkan aliran darah ke otak. Anda bisa terhindar dari hipertensi. Pikun pun tidak muncul” kata Prof Dr dr Siti Setiati salah seorang dokter ahli geriatri Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

2. Melatih otak

Dengan melatih otak untuk terus mengingat sesuatu akan membantu otak untuk menyimpannya. Sehingga kepikunan dapat teratasi. Belajar dan terus membaca buku-buku baru akan membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Mengkonsumsi ikan laut, buah-buahan dan sayuran dapat membantu menutrisi otak supaya tetap kuat daya ingatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *