Dr. Samuel Oetoro dan Tips Sehatnya

Conistoninstitute.org – Banyak orang mencari cara untuk diet dan hidup sehat, merespon hal ini seorang dokter spesialis gizi, dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK. memberikan tipsnya untuk menjalani cara hidup sehat. Tidak sekedar teori ternyata ini kuga dilakukan langsung oleh Samuel Oetoro.

Samuel Oetoro mengungkapkan sedikit cara hidup sehatnya seperti bangun sekitar pukul 04.30 atau 05.00 WIB, lalu 45 menit latihan beban, dilanjutkan 45 menit treadmill. Olahraga ini ia lakukan empat sampai lima kali dalam seminggu. Dan hal ini telah dilakoni Samuel sejuak lima tahun belakangan.

“Setelah itu saya sarapan pagi dengan satu sendok makan oatmeal, dicampur bekatul. Rasanya nggak enak, tapi seratnya tinggi,” tutur Samuel.

Lebih lanjut, Samuel menjelaskan jika dirinya mengonsumsi 10 porsi buah, 10 macam buah, dan 10 warna buah. Samuel pun memberikan salah satu resep dari minuman sehatnya yaitu jus tomat.

Samuel menjelaskan langkah untuk membuat jus tomat sehat menurut dirinya, pertama empat buah tomat merah direbus, lalu diblender, dan campur es batu. Samuel juga tidak lupa memberikan sebuiah trik sehat dalam memasak, khusus untuk buah dan sayur berwarna merah dan oranye mengandung karoten, termasuk lekopen (pada tomat) tidak bisa diserap usus, untuk mendapat penyerapan yang sempurna harus ditambahkan dengan minyak. Pilih minyak yang sehat, seperti minyak canola dan ekstra virgin olive oil.

Pola hidup sehat yang dijalani oleh Samuel juga dia tuangkan kedalam sebuah buku yang dia tulis bersama dengan Erwin dan Jana Parengkuan yang berjudul “Smart Eating, 1.000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar”. Buku ini berisi pola disiplin dalam hidup sehat seperti menu makanan dan minuman sehat, jadwal makan, resep awet muda, trik makan sehat di luar rumah, hingga mengatasi anak sulit makan.

“Buku ini berangkat dari kerisauan saya tentang penyakit yang semakin hari, semakin banyak. Belakangan terkena pada anak-anak dan remaja,” pungkas Samuel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *