Hindarilah Kebiasaan Berikut Setelah Makan


Conistoninstitute.org – Apa sih yang kalian lakukan setelah selesai makan? Tidur? Mandi? Atau Merokok?. Jika kalian termasuk orang yang melakukan aktivitas tersebut setelah makan maka mulai dari sekarang harus dihindari.

Ketika kita makan maka tubuh akan kembali penugh dengan energi, namun setelah itu kita harus diam dan tidak melakukan aktifitas yang dapat merugikan kesehatan.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk karena setelah makan tubuh akan melakukan penyesuaian diri untuk mencerna asupan yang masuk ke lambung, usus, hingga mengambil sari makanan dan membuang ampasnya.

Berikut aktifitas yang harus di hindari setelah makan:

1. Tidur

Tidur setelah makan memang kerap dilakukan, bagaimana tidak beberapa orang akan merasa lebih mudah tidur setelah makan. Namun, sebaiknya mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut.

Tidur setelah makan dapat mengakibatkan panas di dada, meningkatnya asam lambung, memicu risiko stroke. Beristirahatlah selama 2 jam setelah makan.

2. Minum teh

Banyak di tempat makan orang yang meminum teh setelah ataupun sebelum makan, hal ini sudah menjadi kebiasaan dan dianggap tidak menimbulkan efek samping apapun pada kesehatan.

Jika berbicara efeknya memang tidak membahayakan, akan tetapi dengan minum teh setelah ataupun sebelum makan dapat mengganggu penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

3.Merokok.

Banyak sekali orang yang membiasakan merokok setelah makan, hal tersebut dinilai sangat nikmat. Padahal kebiasaan tersebut dapat membahayakan kesehatan.

Merokok setelah makan dapat membuat racun pada rokok terserap lebih bayak di tubuh. Pasalnya, sistem tubuh hampir semuanya bekerja sewaktu aktivitas mencerna makanan berlangsung. Beberapa nutrisi yang dapat terhambat dari merokok usai makan adalah kalsium, vitamin C dan vitamin D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *