Identik Dengan Bulan Suci Ramadhan, Ini Lho Khasiat Dari Kurma

Conistoninstitute.org – Ketika bulan suci Ramadhan datang ada berbagai macam jenis makanan yang identik dan selalu hadir pada bulan ini dan salah satu yang khas adalah kurma. Kurma dan puasa memang sulit dipisahkan ketika Ramadhan datang.

Salah satu tanaman yang termasuk keluarga tanaman palma dengan buah yang bisa dimakan ini memang sangat pas untuk cemilan dikala berbuka puasa. Selain miliki rasa manis khas, buah ini juga mempunyai berbagai macam manfaat sehat untuk tubuh.

Berikut manfaat baik kurma untuk kesehatan tubuh:

1. Menangkal radikal bebas

Buah dari timur tangah ini diketahui memiliki kandungan antioksidan polifenol flavonoid, dimana kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya infeksi dan peradangan di dalam tubuh akibat paparan radikal bebas.

2. Memulihkan energi

Salah satu yang dibutuhkan krtika menghadapi bulan puasa adalah asupan energi. Pada buah kurma sebanyak 100 gram kita bisa mendapatkan 277 kalori yang tentu cukup untuk kebutuhan energi yang telah hilang ketika berpuasa.

3. Mempermudah buang air besar

Kurma kaya serat yang mampu membuat usus lebih nyaman dan mampu mempermudah proses buang air besar. Selain itu, serat yang cukup tinggi pada kurma juga membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam usus.

4. Menguatkan indra penglihatan

Kurma adalah sumber vitamin A: mengandung 149 IU per 100 g, yang sangat penting untuk fungsi penglihatan Anda. Dengan ini, fungsi penglihatan Anda akan tetap terjaga dengan baik, meski tak mendapat asupan selama 12 jam atau lebih saat berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *