Jaga Masa Muda Dari Stroke Dengan Melakukan Hal Ini

Conistoninstitute.org – Dalam pengetahuan umum penyakit stroke berhubungan dengan usia lanjut atau tua. Namun seiring berjalannya waktu usia muda juga memiliki resiko terkena penyakit stroke.

Mengapa hal tersebut terjadi? usia muda yang terkena stroke ini memang masih menjadi perdebatan akan tetapi Menurut dr. Alvin, stroke yang menyerang usia muda berhubungan erat dengan gaya hidup sedenter.

“Gaya hidup sedenter adalah konsumsi makanan cepat saji dan jarang melakukan olahraga,” tuturnya.

Maka dari itu penting bagi para anak muda untuk melakukan pencegahan dini dengan melakukan hal-hal berikut.

1. Tingkatkan aktivitas fisik

Faktor utama dari stroke adalah kondisi dimana tubuh kurang aktivitas harian. Maka dari itu, biasakan meningkatkan aktivitas fisik alias berolahraga secara rutin dan teratur.

2. Jaga berat badan tetap ideal

Jika Anda obesitas, lakukanlah upaya untuk menurunkan berat badan ke rentang normal. Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan dalam hal ini adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, tetap aktif bergerak, dan cukup istirahat.

3. Pola makan sehat

Pola makan tidak sehat, misalnya sering mengonsumsi makanan cepat saji, gorengan, atau makan dalam porsi berlebihan dapat meningkatkan risiko stroke di usia muda. Jadi, agar risiko ini bisa ditekan, Anda wajib mengubah pola makan sehari-hari.

Ganti makanan cepat saji dengan sayur maupun buah-buahan segar, dan cobalah untuk membatasi segala asupan yang mengandung kolesterol serta sodium. Selain itu, sesuaikan juga porsi makan Anda setiap hari: jangan terlalu sedikit, apalagi hingga berlebihan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *