Jangan Malas Mandi, Ini Akibatnya

 

Conistoninstitute.org – Mandi merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan setiap harinya dan ini sangatlah penting bagi kebersihan setiap individu. Tetapi terkadang ada saja orang yang enggan untuk mandi karena alasan malas. Malas mandi merupakan hal yang sangat tidak baik dan sebaiknya kalian jangan seperti itu karena tanpa disadari bila kalian malas mandi maka penyakit akan lebih mudah bersarang pada tubuh yang kotor.

Tidak hanya bau yang tidak sedap akan tercium ketika tidak mandi tetapi penyakit kulit juga dapat menghinggapi tubuh yang jarang dibersihkan karena tubuh yang jarang dibersihkan membuat bakteri dan kuman mudah tumbuh dan berkembang.

Beberapa ahli kulit mengatakan khususnya bagi masyarakat negara Amerika yang jarang mandi karena udara yang sangat dingin, mereka tetap menyarankan untuk tetap mandi dua kali dalam sehari untuk menjaga kebersihan badan. Karena kita tidak tahu pasti masalah yang dapat terjadi pada tubuh kita yang kotor. Berikut masalah yang dapat terjadi ketika tubuh jarang dibersihkan :

1. Infeksi kulit

Tidak mandi membuat kulit menjadi kotor dan mudah terinfeksi.

2. Bakteri baik tidak bekerja optimal

Kulit memiliki banyak bakteri termasuk bakteri baik. Meskipun terdapat bakteri baik tetapi jangan menyepelekan keberadaan kuman berada pada tubuh selama berhari-hari karena akan membuat fungsi bakteri menjadi patogen atau merugikan bagi tubuh.

3. Penumpukan sel kulit mati

Dengan tidak mandi kalian berarti jarang mengangkat sel kulit yang telah mati sehingga akhirnya menumpuk pada kulit.

4. Dermatitis neglecta

Tidak mandi selama berhari-hari akan memicu timbulnya bercak cokelat ataupun putih pada kulit yang biasa dikenal dengan dermatitis neglecta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *