Jangan Mengucek Mata Sebelum Mencuci Tangan !

 

Conistoninstitute.org – Ketika mata sedang gatal akibat radiasi layar monitor komputer ataupun terkena benda asing yang berada diudara maka tangan dengan refleks segera mengucek mata. Tetapi hal itu tidak baik ketika tangan dalam keadaan kotor karena dapat membuat mata menjadi iritasi akibat kotoran yang menempel pada tangan.

Tangan yang kotor merupakan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang dapat membahayakan selaput mata dan menyebabkan mata menjadi merah.

“Jika Anda menyentuh tubuh orang lain atau benda, maka virus atau bakteri bisa terdapat di dalamnya. Kemudian Anda mengucek mata. Mata mungkin terinfeksi. Infeksi virus di mata menyebabkan konjungtivitis, ” Kata juru bicara Royal Australian College of General Practitioners Dr. Marita Long yang dilansir dari Coach, Selasa (4/7/2017).

Kongtivitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput bening mata. Studi lama pada tahun 2012 yang dipublikasikan di Jurnal jurnal Clinical Infectious Diseases menuliskan bahwa kebiasaan buruk mengucek mata memang gerakan refleks yang tidak disadari oleh kebanyakan orang.

Menurut observasi yang dilakukan pada tempat-tempat umum dan angkutan umum dilihat rata-rata orang mengucek matanya sebanyak tiga kali dalam satu jamnya dan bahkan ada yang lebih sering melakukannya.

Untuk mencegah adanya virus ataupun infeksi yang dapat menyerang mata sebaiknya jangan mengucek mata ketika tangan belum dicuci bersih. Tangan yang bersih akan meminimalisir terjadinya infeksi virus pada mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *