Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Tomat, Awas Diare Menyerang !

 

Conistoninstitute.org – Tomat merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai di dalam kulkas. Kandungan yang terdapat pada tomat dapat meningkatkan penglihatan mata, menurunkan tekanan darah, mencegah infeksi saluran kemih serta mencegah penyakit kanker.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi tomat juga kerap digunakan sebagai alat perawatan kecantikan alami. Kandungan lycopene yang tinggi terkandung pada tomat sehingga dapat mencegah penuaan dini serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Tomat juga kerap kali digunakan sebagai masker wajah untuk mengatasi masalah jerawat.

Meskipun biasa dikonsumsi, tetapi tomat juga dapat menimbulkan beberapa masalah seperti refluks asam lambung, efek intoleransi serta nyeri otot. Terlalu banyak mengkonsumsi buah tomat juga dapat menyebabkan pusing, muntah, sakit kepala bahkan hingga kematian.

Kandungan senyawa lycopene yang terdapat pada tomat menjadi salah satu pemicu yang berperan atas dampak buruk pada tomat. Tomat memiliki rasa yang sangat masam sehingga dapat menyebabkan perut terasa mulas. Tomat mengandung asam malat dan asam sitrat yang dapat menyebabkan asam lambung meningkat di dalam perut.

Bila asam lambung meningkat, maka akan berpengaruh hingga naik ke atas kerongkongan dan menyebabkan beberapa gejala. Tomat juga dapat memperburuk gejala GERD (gastroesophageal reflux disease), dan University of Maryland Medical Center menyarankan untuk untuk menghindari makanan yang terlalu masam untuk mencegah gejala asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *