Kanker Lidah Disebabkan Makanan Terlalu Banyak Mengandung Garam

 

 

Conistoninstitute.org – Sel kanker dapat timbul pada tubuh seorang anak yang gemar mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, terutama makanan ringan. Risiko terkena kanker pada usia muda kemungkinan akan terjadi.

Garam memiliki sifat iritatif atau dapat menimbulkan iritasi. Tidak hanya akan berisiko terkena kanker lambung, dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam juga akan meningkatkan risiko terkena kanker lidah.

“Kanker lidah cukup tinggi di anak remaja berumur 15 tahun,” ungkap Spesialis Patologi Anatomi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, dr Evalina Suzana.

Sejatinya rasa yang tidak nyaman dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang asin kerap kita rasakan, tetapi karena terlalu menikmati makanan tersebut maka lebih banyak dari kita tidak menghiraukan bahaya yang mengintai.

“Sehabis makan (makanan ringan), mulut kita terasa kering. Nah, coba saja makan itu selama satu bulan, saya yakin mulut kamu iritasi semua,” ungkap Evaliana.

Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung tinggi garam juga tidak disertai dengan melakukan olahraga secara rutin. Menurutnya, kelebihan garam pada tubuh akan keluar bersama keringat. Jadi kalau tidak melakukan olahraga atau duduk terlalu lama di ruangan pendingin maka organ ginjal akan bekerja keras supaya kelebihan garam keluar melalui saluran ekskresi lainnya seperti melalui air kencing.

“Padahal kalau olahraga kencang, semua-semuanya dibakar. Sampai garam-garam yang enggak perlu pun dibuang,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *