Kelilipan? Jangan di Kucek! Ini Cara Yang Benar Mengatasinya

Conistoninstitute.org – Salah satu masalah yang sering kita hadapi adalah mata kelilipan, kasus ini biasanya disebabkan karena debu atau sesuatu yang ukurannya cukup kecil. Ketika mata kelilipan kebanyakan orang akan langsung menguceknya dengan tangan.

Namun, langsung mengucek mata dengan tangan adalah langkah yang tidak diajurkan karena dapat menyebabkan masalah lain seperti iritasi dan bakteri yang ada ditangan akan ikut masuk kedalam mata.

Nah, berikut ada beberapa tips untuk mengatasi mata kelilipan dengan aman:

1. Pakai kapas

Membersihkan menggunakan kapas adalah cara yang sangat dianjurkan, dimana kapas memiliki tekstur yang lembut yang tidak akan melukai mata. Lakukan secara perlahan agar tidak sampai menyakiti kelopak.

2. Mengedipkan mata

Membersihkan mata merupakan tugas dari air mata, oleh karena itu jika ada debu dan partikel kecil di bola mata berusahalah untuk mengelurkan air mata. Selain dengan cara menangis, bisa juga dengan sering mengedipkan mata.

3. Menyiramkan air pada mata

Ambilan air secukupnya, lalu basuhkan ke bagian mata yang ada butiran debu pengganggunya. Dengan begitu debu akan ikut terbawa oleh air. Manfaat lain mata akan terlihat lebih bersih.

4. Gunakan kain bersih

Fungsinya sama seperti kapas. Namun basahi dulu kain ini sebelum dipakai untuk mengangkat debu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *