Ketika Diare Jangan Banyak Minum Air Putih

 

 

Conistoninstitute.org – Bila kalian mengalami diare sebaiknya jangan terlalu banyak meminum air putih. Tetapi bukan berarti tidak diperbolehkan meminum air putih tetapi meminum air putih banyak juga tidak akan mempercepat diare berhenti.

Hal tersebut diakibatkan karena air putih tidak mengandung elektrolit yang dapat membantu mengatasi diare. Cara tepat untuk mengobati diare adalah dengan memberi cairan oralit kepada orang yang sedang mengalami diare.

“Jangan minum air putih kebanyakan karena tidak mengandung elektrolit. Yang dianjurkan minum oralit. Oralit mengandung gula dan elektrolit, yang menggantikan cairan tubuh akibat diare,” ungkap dr F Safira Alatas, PhD, SpA(K) dari Divisi Gastrohepatologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM.

Dan ketika seorang anak kecil yang masih berumur dibawah tiga tahun dan balita mengalami diare biasanya akan kesulitan memberi cairan oralit.

“Buat anak-anak itu akan sulit dikasih oralit karena rasanya enggak begitu enak,” kata dr. Safira pada acara “Manfaat Minuman Elektrolit untuk Pasien DBD dan Diare” di Century Park Hotel Senayan, Jakarta.

Selain tidak terlalu banyak mengkosumsi air putih, tetapi kalian juga tidak boleh mengkonsumsi minuman yang bersoda karena meminum minuman yang bersoda akan memperburuk diare yang dialami.

Kandungan soda yang terdapat pada minuman bersoda akan mengganggu saluran pencernaan terlebih bagi lambung. Kalian juga sebaiknya tidak mengkonsumsi jus buah kemasan karena tidak mengandung elektrolit. Minuman yang paling tepat dikonsumsi ketika mengalami diare yaitu mengkonsumsi cairan oralit supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *