Konsumsi Ikan Lebih Baik Bagi Kesehatan Tulang

 

 

Conistoninstitute.org – Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mengkonsumsi ikan akan meningkatkan kadar vitamin D pada tubuh hingga dua kali lebih efektif. Seperti melansir dari Medicalnewstoday, Rabu (29/11/2017) peneliti dari Universitas Surrey di Inggris menemukan bahwa vitamin D2 dan D3 tidak mempunyai nilai gizi yang setara.

Mereka ingin mengetahui nutrisi mana yang dapat menambah kadar vitamin D pada tubuh dengan efektif. Kemudian para peneliti menghitung kadar vitamin D terhadap 335 wanita Asia Selatan dan Eropa selama dua kali musim dingin. Mereka meriset pada saat musim dingin karena kurangnya sinar matahari maka kadar vitamin D akan lebih rendah.

Para wanita yang menjadi objek penelitian terbagi menjadi lima kelompok yakni kelompok mereka yang memakan biskuit yang mengandung vitamin D2, mereka yang mengkonsumsi biskuit yang mengandung vitamin D3, mereka yang mengkonsumsi jus yang mengandung vitamin D2, mereka yang mengkonsumsi jus yang mengandung vitamin D3 dan mereka yang mendapat plasebo.

“Peserta yang menerima D3 mengalami peningkatan kadar vitamin D sebesar 74 persen. Kelompok plasebo mengalami penurunan 25 persen sepanjang periode yang sama,” kata peneliti.

Penulis utama peneliti, Dr. Laura Tripkovic menjelaskan vitamin D3 dapat diperoleh dari ikan serta telur, dan sedangkan vitamin D2 dapat diperoleh dari jamur, roti yang memiliki kandungan vitamin D2 ataupun suplemen yang mengandung vitamin D2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *