Lindungi Rambut Dengan 3 Tips dan Trik ini

Conistoninstitute.org – Rambut adalah bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan kita, maka dari itu penting tentunya kita menjaga dan harus merawat rambut. Memang dengan menggunakan hair extention dapat menutupi rambut sudah terlihat tua dan menipis, Namun. hal ini dineilai terlalu merepotkan.

Memang kita tidak bisa menyangkal untuk rambut yang akan semakin menipis seiring dengan bertambahnya usia kita. “Saat kita menua, rambut akan kehilangan densitasnya dan helaiannya juga akan menjadi semakin tipis,” ucap Tsippora Shainhouse, M.D, seorang dermatolog di Beverly Hills, AS.

“Helaian rambut memiliki siklus hidup dua sampai tujuh tahun. Tapi saat kita menua, folikel rambut akan menyusut, dan kecepatan penumbuhan rambut juga akan berkurang” tambah Shainhouse.

“Rambut yang tumbuh akan jadi semakin halus, sampai akhirnya, folikel rambut berhenti memproduksi rambut baru,” tuturnya.

Namun, sekarang telah ditemukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan dan ketebalan rambut kita. Berikut ini beberapa tipsnya dikutip dari Women’s Health.

1. Palsukan dengan volume

Iklan sampo tak hanya janji bohong belaka. “Densitas rambut memang susah untuk diperbaiki, tapi sampo yang menebalkan dan menambah volume rambut bisa membantu membuat rambut terlihat lebih lebat. Sampo ini bahkan juga bisa membuat setiap helaian rambut terlihat lebih tebal,” tutur Shainhouse.

2. Bicarakan dengan dokter

Terjadinya penipisan rambut tidak hanya karena umur yang semakin tua, namun bisa juga ada sebuah penyebab lain yang mengganggu kesehatan.

“Bukanlah hal yang tak biasa pada wanita lanjut usia untuk mengalami kekurangan zat besi sehinggan terkena anemia, sakit kelenjar tiroid, atau kadar vitamin D-nya rendah,” ucap Shainhouse.

Maka diperlukan konsultasi dengan dokter dermatolog untuk melakukan uji tes darah guna mengetahui apakah anda kekurangn zat besi sehinggan terkena anemia, sakit kelenjar tiroid, atau kadar vitamin D-nya rendah.

Shainhouse juga menyarankan untuk mengurangi pemakaian bahan kimia untuk rambut.

3. Lindungi setiap helai rambut

Setiap harinya kita akan kehilangan 60-100 helaian rambut. Hal-hal seperti mencuci, mengeringkan, meluruskan, dan mengecat rambut setiap bulan dapat memberatkan rambut, dan justru membuat kerontokan yang lebih banyak.

“Rambut yang tua semakin rapuh dan butuh dirawat dengan lebih hati-hati,” tutur Shainhouse.

Shainhouse pun memberikan tips untuk tidak lagi memakai produk perawatan rambut dengan zat kimia yang membuat kering dan berbasis alkohol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *