Malu Mengeluarkan Kentut? Simak Dampak Dari Menahan Kentut

Conistoninstitute.org – Kentut adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan gas yang menumpuk di dalam usus dan itu merupakan proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh. Namun, beberapa orang masih ada yang berusaha untuk menahan kentut didalam perut.

Beberapa alasan diungkapkan oleh orang yang dengan sengaja menahan kentut, mulai dari tidak mau mengganggu orang dan malu. Padahal menahan kentut dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Melihat masih banyaknya orang yang berusaha untuk menahan kentut, maka perlu diketahui jika normalnya seseorang dapat kentut hingga 10–20 kali dalam sehari dan hal ini dikatakan oleh seorang gastroenterologist, Dr. Michael Levitt.

Dr. Michael Levitt juga menambahkan jika jumlah kentut lebih dari itu maka mengkin saja ada pertanda penyakit sindrom iritasi usus, mag, intoleransi gluten, intoleransi laktosa, sembelit, atau kanker.

Tidak hanya itu, Dr. Michael Levitt juga mengatakan kondisi-kondisi apa saja yang bisa dialami dari menahan kentut. Menurutnya yang pertama adalah perut menjadi kembung akibat menahan gas yang akan keluar dari tubuh dan untuk orang yang mengalami perut kembung akan akan merasa sangat terganggu, sering merasa begah atau bersendawa.

Selain dari itu, penyakit yang lumayan merepotkan seperti wasir juga akan menyerang bagi orang yang menhan kentut. Mengapa demikian? ketika menahan kentut maka otot pada anus akan menegang dan berekibat pada pembuluh darah yang melebar dan jika hal ini terjadi terus-menerus maka akan meningkatkan resiko dari wasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *