Menderita Maag Tidak Menjadi Alasan Untuk Tidak Berpuasa !

 

Conistoninstitute.org – Bagi orang yang menderita sakit maag biasanya khawatir akan kambuh ketika melakukan puasa. Biasanya ketika menjalankan puasa akan mempengaruhi pola makan karena berbeda dengan poa makan biasanya. Tetapi bukan berarti mereka yang menderita maag tidak bisa berpuasa seperti uang lainnya. Mereka tetap bisa menjalankan puasa tetapi harus memperhatikan pola makan dan makanan yang mereka konsumsi.

Dr. Ari Fahrial Syam seorang dokter spesialis penyakit dalam menganjurkan untuk selalu memperhatikan pola makan dan makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka puasa. Dengan melakukan pola makan dan mengkonsumsi makanan yang tidak memicu maag kambuh selama berpuasa akan melancarkan bagi para penderita maag untuk menjalankan puasa. Meskipun pada awal-awal menjalankan ibadah puasa ini akan mengalami rasa sakit pada perut tetapi menurut Dr. Ari ini adalah kondisi normal.

“Wajar di seminggu pertama perut akan begah dan tidak terasa nyaman, karena dia sedang adaptasi,” kata Dr. Ari ketika dalam seminar kiat sukses puasa ramadhan tanpa gangguan pencernaan di RSCM Kencana

Bagi penderita maag ketika berpuasa justru malah tidak mengalami sakit hingga ke ulu hati karena dengan berpuasa para penderita maag akan lebih teratur pola makannya.

“Keluhan sakit mag yang timbul pada pasien biasanya akibat ketidakteraturan makan, konsumsi camilan berlemak, asam, dan pedas sepanjang hari, minuman bersoda, kopi juga merokok ditambah stres,” katanya

Ketika berpuasa orang-orang memiliki pola makan yang teratur yaitu ketika sahur dan berbuka, kebiasaan ini akan mengurangi kambuhnya sakit maag asalkan tidak mengkonsumsi makanan yang memicu asam lambung naik. Tetapi Dr. Ari tetap menyarankan untuk mengkonsumsi obat yang diberi oleh dokter ketika sahur.

“Obatnya harus diminum saat sahur dan hindari makanan yang memicu asam lambung tadi, seperti makanan berlemak dan gorengan,” katanya menyarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *