Mengunyah Makanan Secara Perlahan Baik Bagi Kesehatan Dan Berat Badan

 

 

Conistoninstitute.org – Sebaiknya kalian jangan terlalu buru-buru untuk menghabiskan makan siang. Penelitian terbaru menemukan makan yang terburu-buru akan menambah risiko kenaikan berat badan serta akan mempengaruhi kesehatan jantung.

Para peneliti mengobservasi 1.083 orang dewasa paruh baya selama lima tahun. Mreka menemukan orang yang makan dengan cepat akan memiliki risiko lima kali lebih besar mengalami diabetes, stroke, jantung dari pada mereka yang makan dengan perlahan-lahan.

Selain itu, mereka yang makan dengan terburu-buru juga akan lebih mudah meningkatkan berat badan serta memiliki perut buncit. Bagi orang yang makan dengan terburu-buru mempunyai risiko 11,6% terdiagnosis dengan sindrom metabolik tetapi bagi orang yang makannya dengan lebih pelan memiliki risiko hanya 2,3% terkena sindrom tersebut.

“Makan secara perlahan bisa jadi sangat penting untuk mengubah gaya hidup agar terhindar dari sindrom metabolik,” kata pimpinan penelitian Dr Takayuki Yamaji.

Dr Takayuki mengungkapkan saat orang makan dengan terburu-buru maka orang tersebut tidak sadar bila sudah merasa kenyang sehingga lebih cenderung makan lebih banyak. “Makan secara cepat menyebabkan fluktuasi glukosa lebih besar yang bisa memicu resistensi insulin,” terangnya.

Sejak 7000 tahun yang lalu sebenarnya sudah dianjurkan untuk mengunyah makanan dengan perlahan-lahan. Menurut ajaran Ayurveda, mengunyah makanan dengan perlahan maka akan baik bagi kesehatan pencernaan dan membantu untuk memisahkan zat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *