Minuman Fermentasi Yang Menyehatkan

 

Conistoninstitute.org – Sekarang ini banyak sekali minuman kesehatan yang beragam dengan berbagai khasiat tersendiri. Mulai dari yogurt, beragam jenis teh, dan berbagai ramuan herbal lainnya seperti kombucha. Apakah kalian mengetahui apa itu kombucha ?

Dikutip dari laman Womens Health Mag, kombucha adalah minuman yang difermentasikan menggunakan bakteri dan ragi yang telah ditambahkan dengan teh hitam, teh hijau dan juga gula.

Teh tersebut berubah menjadi kombucha menggunakan simbiotik bakteri dan ragi dan berubah menjadi layaknya jamur yang mengambang. Kombucha berasal dari Asia Timur dan tersebar luas hingga ke Jerman. Minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

“Minuman yang sudah ada sejak 2000 tahun lalu ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk memperbaiki pencernaan dan fungsi kekebalan tubuh,” ujarLisa Moskovitz, RD.

Setelah adanya proses fermentasi bakteri, teh ini berubah menjadi kombucha yang memiliki kandungan probiotik, vitamin B, enzim, dan asam organik. Meskipun menyehatkan, tetapi kalian jangan terlalu banyak mengkonsumsi kombucha. Terlalu banyak mengkonsumsi kombucha menyebabkan perut menjadi mulas dan bagi wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi kombucha.

Kombucha dibuat melalui proses fermentasi sehingga setidaknya mengandung sedikit alkohol, dan ada beberapa kombucha yang mengandung alkohol yang tinggi bila terlalu lama dalam proses fermentasinya. Sebaiknya bila kalian ingin mengkonsumsi kombucha pilihlah yang tidak memiliki kadar alkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *