Nyeri Menstruasi Berlebihan Sebabkan Sulit Hamil, Benarkah?

 

 

Conistoninstitute.org – Ketika tengah mengalami menstruasi banyak wanita yang mengeluh karena rasa nyeri yang sangat mengganggu. Mungkin saja kalian merupakan salah satu diantara wanita yang mengalai hal tersebut, kalian perlu waspada terhadap endometriosis.

Seperti diungkapkan oleh dr Boy Abidin, SpOG, nyeri ketika menstruasi disebabkan oleh dua faktor yakni penyakit dan juga pola hidup.

“Bisa karena imbalance hormonal (ketidakseimbangan hormon), kurang olahraga atau karena endometriosis yang menghambat saluran telur,” ungkap dr. Boy Abidin di kawasan Senayan, Jakarta.

Menurut dokter di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading tersebut, endometriosis dapat terjadi akibat endometrium tubuh pada luar rahim. dan penyakit tersebut akan terus tumbuh selama orang tersebut masih menstruasi serta masih pada masa reproduksi atau dapat dikatakan belum mengalami menopause.

“(Sel-sel) Endometriosis sifatnya tumbuh saat mens. Jika dia menempel pada jaringan lain seperti ovarium akan jadi kista yang menyebabkan rasa sakit dan masalah kesuburan,” ungkapnya.

Kalian perlu tahu, penyakit endometriosis adalah penyakit yang dapat mengurangi kualitas serta jumlah sel ovum sehingga dapat menyebabkan perubahan pada anatomi organ reproduksi yang akan beresiko pada kesulitan hamil. Oleh karena itu, dr. Boy menganjurkan ketika nyeri menstruasi sangat menganggu aktivitas maka sebaiknya berkonsultasi pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *