Pola Hidup Masyarakat Jadi Pemicu Penyakit Difetri di Jawa Barat

 

 

Conistoninstitute.org – Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Jawa Barat terdapat sebanyak 116 kasus penyakit difteri yang mengakibatkan 13 kematian terjadi di daerah Jawa Barat selama tahun 2017.

Tingkat kematikan yang disebabkan penyakit difteri itu menghadapi peningkatan dari tahun sebelumnya yakni 221 masalah dengan jumlah kematian 10 orang. Kebanyakan kasus difteri itu terjadi di wilayah berkembang di Jawa Barat.

Penyakit ‌ini disebarkan lewat recikan air liur, muntahan, luka , serta sentuhan langsung penderita difteri ketika inkubasi yang asalnya dari bakteri yang menyebabkan penyakit difteri, corybacterium diptheriae. Sedangkan waktu inkubasi itu sendiri selama waktu 2-5 hari serta masa penularan dari pederitaan 2-4 minggu mulai masa inkubasi.

Sedangkan penyebaran dari penderita awal hinga waktu enam bulan, bila tidak segera diatasi maka akan menyebabkan hilangnya nyawa. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Dodo Suhendar mengungkapkan penyakit difteri akan mematahkan sistem pernapasan, fungsi jantung serta otak pada anak-anak dikatakan dapat dicegah dengan melaksanakan imunisasi.

“Yaitu masyarakat tadi, belum tentu perkotaan lebih sadar tentang imunisasi. Kalau di pedesaan biasanya lebih nurut, jadwal imunisasi pake kentongan langsung datang ke Posyandu kan,” ungkap Dodo Suhendar di Kantor Dinas Kesehatan, Jawa Barat, Jalan Pasteur, Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *