Sayuran Yang Mengandung Banyak Zat Besi

 

 

Conistoninstitute.org – Daging merah memang banyak mengandung nutrisi zat besi, tetapi tidak harus selalu mengkonsumsi zat besi bila ingin mendapat asupan zat besi. Zat besi juga dapat diperoleh dari beberapa sayuran, justru malah akan memperoleh lebih banyak kandungan zat besi dari sayuran tersebut.

Adanya zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk menjadi sarana mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Kebanyakan orang dewasa memerlukan zat besi 8-27 mg per hari. Dan jika mengalami kekurangan zat besi akan menyebabkan tubuh mengalami anemia.

Berikut ini beberapa sayuran yang banyak mengandung zat besi :

1. Bayam

Salah satu sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi di dalamnya yakni bayam. Tiga cangkir bayam akan memberikan asupan sekitar 18 mg zat besi atau sama dengan mengkonsumsi 8 ons daging merah.

2. Brokoli

Tidak hanya bayam saja, sayuran hijau lain tang banyak mengandung zat besi adalah brokoli. Tidak hanya zat besi yang terkandung di dalamnya tetapi brokoli juga mengandung vitamin K, C dan juga magnesium. Vitamin C akan membantu menstimulasi penyerapan zat besi pada tubuh.

3. Kale

Kale juga mengandung zat besi, tiga cup kale akan memberikan 3,6 mg zat besi.

4. Pak Choy

Tidak hanya mengandung zat besi, tetapi pak choy juga mengandung vitamin A yang menyehatkan, satu cup pak choy yang deikukus memiliki kandungan 1,8 mg zat besi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *