Terganggu Karena Komedo? Lakukan Langkah Ini

Conistoninstitute.org – Salah satu masalah wajah yang dirasa dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri adalah komedo. Komedo sendiri dalam ilmu medis merupakan benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam.

Komedo ini terkenal bandel karena walaupun sudah pasti akan muncul kembali. Komedo bisa muncul karena kadar minyak pada wajah terlalu banyak yang menimbulkan sumbatan pada saluran kelenjar minyak.

Bagi anda yang merasa jika komedo terasa sulit dihilangkan cobalah lakukan beberapa langkah ini.

1. Bersihkan wajah secara teratur

Pemilihan pembersih wajah yang tepat untuk mengurangi komedo adalah yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, ataupun peroksida benzoate. Pembersih wajah yang memiliki kandungan ini akan mampu mengurangi komedo karena dapat mengangkat sel kulit mati, mengeluarkan sumbatan yang ada di pori-pori, serta mengurangi produksi minyak dan bakteri di kulit.

Tidak hanya itu, pembersihan wajah juga dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit wajah.

2. Pilih produk perawatan yang sesuai

Dalam pemilihan produk pembersih pastikan kita harus tahu apa jenis kulit kita, dan jika ada yang belum tahu bisa berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter.

Karena kesalahan dalam pemilihan krim penghilang komedo dapat menyebabkan iritasi dan membuat lapisan kulit Anda rusak.

3. Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit mati. Seperti yang diketahui jika kulit mati yang bertumpuk dapat menyebabkan komedo dan dengan eksfoliasi timbulnya komedo dapat dicegah.

Dalam pemilihan metode eksfoliasi, pilihlah yang sesuai dengan keinginan dan kenyamanan. Jangan pilih metode yang terlalu kasar, apalagi untuk wajah. Karena kulit wajah lebih sensitif dibandingkan dengan bagian kulit bagian tubuh lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *