Tidak Boleh Terlalu Lama Menyimpan Susu Formula Dalam Kulkas !

 

Conistoninstitute.org – Penyimpanan susu formula yang sudah diseduh dengan air dapat menyebabkan munculnya bakteri. Meskipun disimpan dalam kulkas yang notabenenya dapat mencegah berkembang biaknya bakteri tetapi tetap saja ini tidak boleh dilakukan.

Susu formula yang telah terlanjur dibuat sebaiknya langsung dihabiskan karena susu gampang sekali terkontaminasi oleh bakteri. Menurut Dr. Suci Dwi Putri susu adalah minuman yang mengandung gizi seimbang yang harus segera dihabiskan dalam sekali minum karena bila tidak akan menjadi sarang bakteri.

“Bila karena satu dan lain hal susu tidak dapat langsung dihabiskan, masih dapat disimpan di suhu ruang,” ujar Dr. Suci

Susu formula yang telah dibuat tidak boleh terlalu lama disimpan, maksimal disimpan selama 2 jam dan dalam keadaan benar-benar tertutup karena bakteri mudah sekali bersarang. Susu formula tidak boleh ditempatkan pada satu tempat yang sama bersama buah, sayur, dan makanan yang lainnya.

“Sebelum diberikan kepada si kecil, susu yang disimpan di kulkas sebaiknya dipanaskan dalam wadah mangkuk atau baskom yang diberi air panas,” katanya

Hal tersebut dimaksudkan supaya botol tetap steril dari bakteri yang kemungkinan ada ketika berada dalam kulkas. Juga menjaga supaya bayi tidak meminum susu dalam keadaan dingin karena tidak baik bagi pencernaan si bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *