Urine Memiliki Bau? Tidak Usah Takut Ini Penjelasanya

Conistoninstitute.org – Menurut dari penelitian dokter kesehatan dari seseorang bisa dilihat dari warna urine yang dikeluarkan tubuh. Namun, selain dengan warna ternyata dari bau juga bisa menggambarkan kesehatan seseorang.

Pernyataan ini sendiri dikeluarkan oleh seorang ahli urologi, Mr. Marc Laniado. Kendati membuat pernyataan tersebut namun dirinya mengakui jika urine tidak memiliki bau. Namun, Marc Laniado mengatakan urine bisa saja memiliki bau jika sedang dalam kondisi tertentu.

Lalu apa saja kondisi tersebut? berikut penjelasannya.

1. Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu

Makanan dan minuman yang kita konsumsi biasanya akan membuat napas yang kita keluarkan akan memiliki bau tertentu, namun hal itu juga bisa mempengaruhi urine. Beberapa makanan yang dapat membuat urine berbau diantaranya asparagus, kol, lobak, kembang kol, dan bawang putih. Dan untuk minuman biasanya adalah
kopi.

2. Dehidrasi alias kekurangan cairan

Tubuh kita terbentuk dari 70% cairan jadi jika sampai kurang maka akan sangat tidak baik bagi kesehatan, termasuk urine. Pada orang yang kekurangan cairan biasanya urine akan berbau amonia yang kuat. Selain perubahan aroma, orang yang dehidrasi juga akan mengeluarkan urine dengan warna yang lebih gelap.

3. Pengaruh obat-obatan

Selain dari kekurangan cairan dan dari makanan dan minuman tertentu, salah satu pemicu urin memiliki bau adalah mengonsumsi antibiotik atau obat epilepsi.
orang yang mengonsumsi antibiotik atau obat epilepsi akan memiliki aroma yang menyengat. Ini karena beberapa obat golongan sulfa, yang juga dikenal sebagai sulphonamides, bisa membuat aroma urine berbau busuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *