Wanita Merokok Dapat Picu Risiko Depresi

 

 

Conistoninstitute.org – Faktor yang menyebabkan depresi tidak hanya karena adanya gangguan mental tetapi memiliki kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan mengalami depresi. Hal yang mengejutkan, bahwa perokok wanita lebih berisiko mengalami depresi dibandingkan para perokok pria.

Apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi?

Ketika dijumpai pada acara bedah buku penelitian Health and Economics Costs of Tobacco in Indonesia di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Santi Martini dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga menjelaskan mengenai hal yang menyebabkan perokok wanita lebih berisiko depresi.

“Studi soal perokok wanita lebih banyak mengalami depresi itu bersifat observasi. Jadi, kita enggak bisa lihat secara rinci, apa yang menyebabkan perokok wanita lebih depresi,” katanya.

Dia juga mengatakan terdapat perbedaan kebiasaan angka tampak dari perokok wanita dan perokok pria, yang dihubungkan dengan depresi. Perokok wanita berkisar 3 angka sedangkan para perokok pria hanya berkisar 1. Berdasarkan angka tersebut dapat dilihat bahwa perokokwanita lebih berisiko depresi.

Tidak hanya perokok wanita lebih berisiko depresi, sebuah sumber juga mengungkapkan penyebab umum perokok dapat menyebabkan depresi. Dampak tersebut dapat dipengaruhi nikotin yang ada pada rokok.

Seperti melansir dari The Health Site, merokok dengan jangka waktu yang lama baik pria ataupun wanita akan dapat memperburuk kecemasan dan menyebabkan depresi. Hal tersebut didukung dengan adanya study.

Sebuah penelitian di tahun 2002 mengungkapkan meskipun nikotin bekerja sebagai antidepresan dalam jangka pendek, pemakaian jangka panjang dapat berpeluang akan memperburuk kecemasan dialami. Bahkan bila perokok telah depresi maka akan semakin depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *